Yang Harus Anda Ketahui Perbedaan Mentega dan Margarin Juga Mitos Yang Beredar
Ilustrasi

IndonesianReport.com - Masyarakat masih banyak yang tidak mengetahui perbedaan antara margarin dan mentega. Bentuk keduanya jika dilihat sepintas memang mirip, namun jika diperhatikan lebih dekat sangat berbeda tampilan dan juga kegunaannya. Mentega berasal dari lemak hewan, sedangkan margarin dari lemak tumbuh-tumbuhan.

Margarin

Margarin terbuat dari lemak nabati seperti minyak jagung, minyak bunga matahari, minyak kedelai, minyak rapeseed dan lainnya dalam beberapa kombinasi. Margarin  awalnya berasal dari industri makanan terdiri dari lemak nabati dan jauh lebih sedikit atau sama sekali tidak mengandung  lemak hewan, dalam bentuk emulsi. Margarin memiliki bentuk setengah padat biasanya diperoleh dengan cara emulsifikasi dan terkadang dengan hidrogenasi. Tampilan dan tekstur margarin mirip seperti mentega, namun dalam beberapa variasi margarin mengandung air dan garam biasanya diperkaya oleh vitamin.

f42ad-margarin2.png

Dengan munculnya kualitas manfaat dari minyak zaitun dalam makanan beberapa tahun terakhir menyebabkan produksi margarin dengan ditambahkan minyak zaitun tidak melebihi 30% dari total lemak nabati. Proses produksi dasar biasanya didapat dengan emulsifikasi minyak nabati agar lebih stabil. Proses produksi hidrogenasi margarin sekarang kurang umum karena menyebabkan lemak jenuh, yang dianggap sangat berbahaya untuk kesehatan.

cb63c-margarin.jpg

Margarin adalah alternatif pengganti mentega. Karena harga mentega cukup mahal, setidaknya bagi masyarakat ketika margarin belum diproduksi. Pada abad ke-19, Louis Napoleontas o C, kaisar Perancis, menawarkan hadiah bagi siapa saja yang bisa menghasilkan alternatif mentega. Seorang ahli kimia Perancis bernama Mege Mouries pada tahun 1869 berhasil memenangkan sayembara itu dengan menciptakan produk  asam margaric sebagai bahan utama hingga sekarang produk itu kita kenal  dengan nama margarin.

Namun sebenarnya zat asam margaric pertama kali dirumuskan oleh seorang kimiawan  Michel Eugène Chevreul pada tahun 1813 (khusus ditemukan dalam komponen utama lemak) dari asam heptadecanoic - asam heptadecane, asam margarin, asam lemak sintetis kristal berwarna.

Seorang kimiawan Perancis Hippolyte Mege Mouries jauh lebih awal menciptakan zat untuk mentega, pada dasarnya apa yang sekarang kita kenal sebagai margarin.

Awalnya margarin diproduksi dari lemak daging sapi  yang membeku, butyrin (asam butirat dan gliserol - bahan alami mentega) dengan menambahkan warna buatan yang menyerupai mentega. Tentu saja menggunakan susu yang tidak bisa ditinggalkan, karena kompetisi besar untuk bisnis mereka.

d14b5-margarin1.jpg

Sejak 1877 telah diberlakukan beberapa undang-undang di Amerika untuk membatasi penjualan margarin, karena margarin dianggap sebuah ancaman bagi susu. Juga melarang penggunaan warna buatan, sehingga margarin menjadi berwarna putih dan terlihat tidak mirip dengan mentega. Beberapa undang-undang yang telah disahkan telah mencapai titik dimana memaksa produsen untuk menempatkan margarin menjadi berwarna merah muda sehingga pelanggan tidak ingin memakannya.

Mentega (Butter)

Mentega adalah makanan produk susu, dibuat dengan mengaduk krim yang didapat dari susu. Biasanya digunakan sebagai olesan roti dan biskuit, sebagai perantara lemak di beberapa resep roti dan masakan, dan kadang-kadang bahan untuk menggoreng. Mentega adalah emulsi air-dalam-minyak, kebalikan dari krim. Mentega tetap padat saat didinginkan, tetapi meleleh secara konsisten pada suhu kamar / suhu ruangan.

Mentega merupakan harta kuliner sangat berharga, selama lebih dari enam ribu tahun manusia telah mengenal mentega sebagai pelengkap kuliner. Namun pada paruh kedua pada abad ke-20, mentega yang menjadi salah satu bahan makanan yang paling penting untuk para juru masak telah dilaporkan menjadi pintu gerbang dalam masalah kesehatan.

Sekarang kita telah mengetahui reputasi negatif mentega adalah tidak layak, dan sebaliknya bahwa pengganti mentega dan lemak trans buatan manusia adalah penyebab yang menimbulkan ancaman bagi kesehatan kita.

Studi terbaru mengungkapkan betapa pentingnya mentega untuk diet sehat. Mentega memasok tubuh kita dengan vitamin dan mineral; meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita; membantu produksi hormon; dan mendukung tulang kita, organ, dan yang paling penting adalah otak kita.

Mentega yang terbuat dari lemak hewan biasanya mengandung lebih banyak lemak jenuh/saturated fats(66%) dibanding lemak tak jenuh/unsaturated fats-nya (34%). Lemak jenuh ini biasanya berhubungan dengan tingginya kadar kolesterol dalam tubuh.

Beberapa mitos tentang margarin dan mentega telah lama beredar, berikut mitosnya dan penjelasannya:

1. mentega dan margarin memiliki jumlah kalori yang sama

Tidak. Mentega mengandung 74 kalori / 10 gram sedangkan margarin mengandung 54 kalori / 10 gram. Ada juga jenis margarin dengan lemak rendah yang mengandung kalori lebih sedikit. Misalnya, Becel pro-activ memiliki 30 kalori / 10 gram.

2. mentega memiliki lemak jenuh 8 gram lebih banyak dibandingkan dengan margarin 5 gram 

Tidak benar. Perbedaan yang sebenarnya adalah 5-7 gram untuk mentega dan 1,5-2gr margarin. Perbedaan kandungan lemak jenuh ini sangat penting untuk mencegah peningkatan kolesterol dalam darah.

3. Makan mentega meningkatkan penyerapan nutrisi dari makanan 

Itu berlaku untuk semua lemak karena ada vitamin yang larut dalam lemak.

4. Mentega sifatnya memiliki banyak nutrisi, sementara margarin hanya memiliki satu ekstra nutrisi 

Margarin lembut yang dihasilkan dari minyak nabati  dipilih berasal dari sumber inheren yang mengandung omega-3 yang berkontribusi terhadap kesehatan jantung dan diperlukan untuk pertumbuhan. Mentega tidak mengandung omega-3 dan mengandung  lemak jenuh  lebih tinggi yang dapat meningkatkan kadar kolesterol.

5. Mentega memiliki rasa yang lebih enak sehingga dapat meningkatkan rasa makanan

Salah satu sifat lemak yang dianggap ajaib - terlepas dari asal mereka, apakah margarin atau mentega - adalah bahwa dapat mempengaruhi rasa untuk makanan. Untuk alasan kesehatan, dianjurkan untuk menkonsumsi semua lemak dalam jumlah yang tepat dan lebih memilih lemak nabati bukan hewani.

6. Mentega telah ada selama berabad-abad sedangkan margarin diciptakan kurang dari 100 tahun

Ini benar, tetapi itu bukan alasan untuk masalah kesehatan. Margarin adalah makanan sehat dengan teknologi pangan terbaru yang telah memberikan kontribusi pada peningkatan kesehatan manusia dengan menyediakan lemak esensial, seperti omega-3 dan membantu untuk mengurangi asupan lemak jenuh, yang dapat merugikan bagi kesehatan manusia.

7. Margarin dapat meningkatkan LDL (kolesterol jahat) dan mengurangi HDL (kolesterol baik)

Itu tidak benar. Sebaliknya margarin mengandung omega-3 yang membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dan mengurangi risiko penyakit jantung. Berbeda dengan mentega yang berasal dari hewan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans yang berkontribusi meningkatkan LDL lebih tinggi.

8. Margarin meningkatkan risiko kanker lima kali lebih besar

Tidak berlaku. Lemak trans sering disalahkan untuk penyebab kemungkinan peningkatan risiko kanker payudara. Margarin mengandung lemak trans, sama seperti mentega.

9. Margarin mengurangi kualitas ASI

Tidak benar. Margarin lembut tanpa lemak trans adalah pilihan yang sangat baik untuk diet sehat, karena mengandung asam omega-3 lemak esensial yang diperlukan terutama dalam masa menyusui.

10. Margarin mengurangi sistem kekebalan tubuh

Tidak benar. Diet sehat dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Produk margarin lembut adalah bagian dari diet yang sehat.

11. Margarin mengurangi respon insulin

Tidak benar. Margarin sering direkomendasikan oleh dokter dan ahli gizi serta badan ilmiah terkemuka di seluruh dunia.

12. Margarin adalah salah satu molekul dari plastik

Itu keliru. Plastik terdiri dari molekul panjang yang disebut polimer. Bahkan jika margarin adalah "satu molekul" dengan yang plastik, itu tidak berarti mengandung arti yang sebenarnya dalam ilmu pengetahuan karena sedikit variasi dalam struktur molekul antara dua zat dapat menyebabkan perbedaan besar. Misalnya, air terdiri dari dua atom hidrogen dan satu atom oksigen (H 2 O). Dan hidrogen peroksida terdiri dari dua atom hidrogen dan dua atom oksigen (H 2 O 2 ). Kedua zat itu memiliki kesamaan dan hanya satu atom yang berbeda, air dan hidrogen peroksida adalah zat yang berbeda, begitu pula plastik dan margarin.

....................

Referensi:

Margarine

Ellinika Hoaxes

Anda perlu mengetahui semuanya tentang margarin dan mentega (dan mana yang dapat membunuh Anda)

Comments

Leave a Comment

Your Comment