Studi Baru Mengungkap Para Perokok Meninggalkan Warisan Beracun Kepada Orang-orang Yang Dicintainya
Ilustrasi

IndonesianReport.com - Para peneliti telah memperingatkan perokok bahwa kebiasaan mereka dapat menimbulkan gangguan kesehatan jangka panjang pada orang-orang yang mereka cintai.

Temuan dari studi baru telah mengungkapkan bahwa residu yang ditinggalkan asap rokok tetap ada di rumah selama lebih dari enam bulan setelah merokok. Bahkan ketika Anda berhenti merokok, karsinogen dari tembakau tetap menempel di sofa, dinding, karpet dan benda lainnya yang ada di rumah Anda.

Dan orang-orang yang berada di dalam rumah - apakah perokok, mantan perokok, atau non-perokok - akan juga mengalami resiko peningkatan kadar bahan kimia berbahaya. 

dd490-rokok2.jpg

Para peneliti di San Diego State University memperingatkan bahwa hasil studi itu harus menjadi peringatan bagi perokok bahwa kebiasaan mereka dapat menimbulkan kerusakan abadi pada orang-orang yang mereka cintai yang berada di rumah.

Studi itu dilakukan oleh peneliti dari San Diego State University (SDSU) yang melibatkan 90 orang perokok yang hendak berhenti merokok, yang diterbitkan dalam jurnal Tobacco Control.

Para peneliti secara berkala mengunjungi rumah mereka selama enam bulan dan mengambil penyeka dari dinding dan pintu, sampel debu dari lantai serta urine dan sampel dari istri mereka untuk mencari keberadaan bahan kimia apapun yang berhubungan dengan tembakau seperti nikotin , cotinine dan karsinogen paru-paru yang dikenal sebagai NNK.

"Ini penting untuk mengetahui berapa lama asap dari orang ketiga tetap hidup dalam lingkungan rumah dan jika mantan perokok dan orang lainnya yang terkena senyawa beracun," kata Georg Matt, penulis utama studi dan profesor psikologi di SDSU. 

184dd-smoke3.jpg

Hasil penelitian menunjukan kadar nikotin dan NNK dalam sampel debu tetap tidak ada perubahan selama enam bulan (nikotin dan NNK tetap menempel selama enam bulan). Tes lain yang dilakukan pada orang-orang yang tinggal di rumah menunjukkan sedikit atau tidak ada tingkat pengurangan senyawa karsinogenik pada mereka selama penelitian. 

"Pertanyaan kami dan mencoba untuk mencari jawabannya adalah, 'Seberapa cepat rumah Anda menjadi benar-benar bebas dari asap rokok?" Kata Matt. 

"Anda mungkin memiliki keinginan untuk berhenti merokok dan menjadi perokok, tapi rumah Anda masih membawa warisan asap tembakau." tambahnya.

Jadi, penelitian ini menyimpulkan bahwa asap tembakau tidak hanya menghilang begitu saja, tapi membangun reservoir bahan kimia yang meninggalkan warisan bagi keluarga Anda, warisan yang beracun dari efek merokok.

Comments

Leave a Comment

Your Comment