IndonesianReport.com - Beberapa media merilis berita yang cukup menghebohkan tentang penemuan ular Anaconda yang diklaim panjangnya mencapai 10 meter dengan berat 400 kg.

Kami melihat berita penemuan Anaconda raksasa itu banyak beredar di media Indonesia, seperti liputan6.com, tribunnews.com, viva.co.id, dream.co.id.

"Seekor ular sepanjang 10 meter ditemukan di sebuah lokasi pembangunan di utara Brasil.

Reptil raksasa yang memiliki berat sekitar 400 kilogram itu ditemukan oleh para pekerja bangunan setelah adanya ledakan dalam gua di Altamira, Para.

Dikutip dari Daily Mail pada Senin (26/9/2016), rekaman video oleh seorang pekerja menunjukkan betapa besarnya hewan itu. Diameter tubuhnya kira-kira 1 meter.

Dalam video, terlihat anakonda tersebut dirantai ke sebuah alat derek dan kemudian diangkat sehingga menampakkan perutnya yang berbintik kuning.

Sejumlah pemirsa memberi komentar yang menyayangkan dirantainya hewan itu dan dugaan telah membunuh hewan itu, bukannya malah ditinggalkan saja di habitat alamiahnya.

Namun demikian, sebenarnya tidak jelas apakah hewan itu hidup atau mati.

Seorang netizen menuliskan, "Saya tidak yakin ini sungguhan, tapi, jika memang benar, memalukan sekali orang yang membunuhnya! Ular sebesar itu mungkin umurnya panjang sekali, tapi dibunuh hanya untuk beberapa foto? Sia-sia…"

Sementara itu, rekor The Guinness World Record menyebutkan ular terbesar di penangkaran masih dipegang oleh Medusa, seekor ular di Kansas City, Amerika Serikat. Medusa memiliki panjang sekitar 7,5 meter.

Lokasi pembangunan tempat ditemukannya ular tersebut ada di kompleks bendungan Belo Monte yang membendung sungai Xingu.

Setelah tuntas, bendungan tersebut akan menjadi bendungan terbesar ke empat setelah bendungan Tiga Ngarai di China."

beaaa-anaconda1.jpg

Baca juga: Ular Python Terbesar di Dunia ditangkap di Malaysia

Apa yang benar?

Seekor ular Anaconda dengan panjang 10 meter dan berat 400 kg? Menurut wikipedia, Anaconda hijau adalah spesies terbesar dari jenis Anaconda. Menurut catatan resmi yang sudah dikonfirmasi, ular Anaconda terpanjang mencapai 5,21 meter dengan berat 97,5 kg. Ada laporan penemuan Anaconda dengan panjang lebih dari 7 meter, namun laporan itu belum dikonfirmasi kebenarannya.

https://en.wikipedia.org/wiki/Green_anaconda

https://en.wikipedia.org/wiki/Giant_anaconda

Berita penemuan Anaconda dengan berat 400 kg berawal dari beberapa media Inggris dailymail.co.uk, thesun.co.uk, mirror.co.uk, dailystar.co.uk, dan lainnya. Video itu banyak diposting secara online di beberapa situs dunia, bahkan kedepannya mungkin akan lebih banyak lagi yang akan merilisnya.

Dalam klaimnya video itu diambil di proyek pembangunan bendungan Belo Monte. Namun, pihak perusahaan kontruksi yang membangun bendungan setelah melihat video tersebut menyatakan  bahwa lokasi dalam rekaman bukan terjadi di proyek bendungan Belo Monte. Bantahan tersebut diposting pada 3 Februari 2016 dalam halaman resmi Facebook mereka.

212e4-belo.png

Dengan sedikit mencari untuk menyelidiki lokasi dimana video itu diambil, kami menemukan sebuah video yang sama yang dipublikasikan di Youtube pada 6 Oktober 2015, namun ukuran ular itu nampak lebih kecil. Dalam video itu mengatakan bahwa panjangnya adalah 7 meter, namun ukuran panjangnya belum dikonfirmasi 100%.

Anaconda yang kita lihat dalam rekaman video tampak terlihat lebih besar dari ukuran yang sebenarnya karena jarak kamera yang sangat dekat.

Anaconda itu ditemukan mati di jalan oleh Mato Grosso dan mungkin terlindas sebuah truk. Ullar itu lalu dibawa ke Universitas Federal Mato Grosso (UFMT), yang akan digunakan untuk studi.

Berikut video-video selengkapnya:

15258-anaconda.jpg

Sebenarnya video Anaconda 10 meter dan berat 400 kilogram yang ditemukan di bendungan Belo Monte adalah lelucon dari  e-farsas.com , yang berhasil menipu seluruh dunia.

Berita penemuan ular Anaconda 10 meter dan berat 400 kilogram yang ditemukan di lokasi pembangunan bendungan Belo Monte adalah sebuah lelucon, dan banyak media yang tertipu hingga menganggapnya nyata.

Comments

Leave a Comment

Your Comment