Manfaat Rumput Gandum Sembuhkan Kanker: Tidak Terbukti!

IndonesianReport.com - Manfaat "rumput gandum" atau wheatgrass telah lama dikatakan sangat bermanfaat untuk kesehatan, bahkan mampu mengobati kanker. Kabar manfaat rumput gandum dapat menyembuhkan kanker dimulai pada tahun 1940 ketika seorang penderita kanker Ann Wigmore mengaku sembuh dari penyakitnya karena rutin mengonsumsi jus rumput gandum.

Jus rumput gandum diketahui mengandung lebih dari 90 tipe mineral dan vitamin yang dibutuhkan manusia. Minuman berwarna hijau ini bahkan kaya akan asam amino, termasuk lisin yang baik untuk kulit dan rambut. Sebanyak 70 persen dalam jus rumput gandum mengandung klorofil yang efektif melawan radikal bebas dan penyakit kardiovaskuler. Bahkan kecambah gandum mengandung lebih dari 400 enzim.

27c0a-jus.jpg

Apakah benar jus rumput gandum dapat menyembuhkan kanker?

Banyak artikel blog (irnady.blogspot, huntnews.id) dan media online (okezone.com, sidomi.comtribunnews.com, kompas.com, metrotvnews.com) menyatakan bahwa rumput gandum mampu melawan sel kanker, bahkan beberapa orang mengklaim telah membuktikannya. 

Rumput gandum biasanya dipasarkan dalam jus atau bubuk  dan tunas yang dihasilkan dari biji gandum sebelum membentuk menjadi gandum. Dalam beberapa tahun terakhir rumput ini telah memperoleh reputasi yang sangat tinggi untuk beberapa sifat menguntungkan yang ditawarkan oleh tubuh karena nilai gizi yang tinggi.

Namun, klaim manfaat rumput gandum dapat menyembuhkan kanker tidak terbukti secara ilmiah. Menurut otoritas jurnal medis elektronik Web MD , rumput gandum tidak dapat menyembuhkan kanker. Para pendukung klaim yang menyatakan bahwa klorofil yang terkandung dalam rumput gandum adalah faktor pembunuh sel kanker, bertindak sebagai hemoglobin oxygononontas tubuh, tidak berlaku. Karena klorofil bukan hanya terdapat pada rumput gandum, namun juga dapat ditemukan disemua sayuran hijau yang kita makan, sehingga tidak perlu untuk mengkonsumsi rumput gandum untuk mendapatkan klorofil.

Sebuah artikel Scientific American yang mengutip dari Michael Shermer  berjudul "How Anecdotal Evidence Can Undermine Scientific Results" (Bagaimana Bukti anekdot Bisa Merusak Hasil Ilmiah). "Fakta bahwa herbivora untuk kanker, meskipun konsumsi  klorofil yang sangat banyak, tampaknya itu diabaikan oleh Wigmore (dokter holistik yang menyarankan jus rumput gandum untuk perawatan yang berbeda). Bahkan, klorofil tidak mampu untuk detoksifikasi tubuh, karena tidak diserap.

Jurnal medis  psychologytoday.com juga membantah klaim manfaat jus rumput gandum. "Elvis is Alive, and Wheatgrass Juice Cures Cancer!" (Elvis hidup, dan jus rumput gandum menyembuhkan kanker!). Penulis dari artikel  Peter Edelstein M.D, yang juga sebagai ahli bedah terkenal (lulusan Stanford), menyarankan kita untuk menghindari nasihat medis yang beredar di internet yang tidak terbukti secara ilmih karena dapat mempengaruhi kesehatan kita. Untuk menggambarkan argumennya, ia menggunakan contoh Elvis dan rumput gandum.

55668-peter.jpg

Berdasarkan keterangan bantahan dari para ahli di atas, berarti klaim rumput gandum dapat mengobati kanker tidak terbukti. Lebih baik selalu konsultasi kepada dokter daripada harus mempercayai artikel yang beredar di internet tanpa bukti ilmiah.

Referensi:

What Is Wheatgrass Good For You?

cancer.org (More information on complementary and alternative medicine)

Memorial Sloan Kettering Cancer Center

National Center for Complementary and Integrative Health

Wheatgrass

Comments

Leave a Comment

Your Comment