Ilmuwan Amerika Akhirnya Memastikan Virus Zika Penyebab Microcephaly
Seoarang bayi berusia kurang dari 3-bulan dan lahir dengan microcephaly, diperiksa oleh seorang ahli saraf (foto: Telegraph)

IndonesianReport.com -  Setelah berbulan- bulan menanti kepastian tentang virus Zika apakah  dapat menyebabkan microcephali atau tidak, akhirnya otoritas kesehatan Amerika memberikan konfirmasi bahwa Zika dipastikan menyebabkan cacat lahir pada bayi dengan ukuran kepala yang kecil (Microcephali).

"Para ilmuwan di Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit telah menyimpulkan, setelah mengumpulkan bukti-bukti yang ada, bahwa virus Zika adalah penyebab microcephali dan cacat otak berat pada janin," menurut sebuah pernyataan dari agen federal yang di lansir dari The Telegraph.

Pernyataan itu dikeluarkan berdasarkan dari serangkaian penelitian di Brazil, dimana ribuan bayi lahir dalam keadaan cacat dengan kepala mengecil pada tahun lalu yang bertepatan dengan lonjakan infeksi virus Zika yang menyebar dikalangan masyarakat setempat.

Kepala CDC, Tom Frieden mengatakan: "Penelitaian ini menandai titik balik dalam kasus wabah Zika."

"Sekarang sudah jelas bahwa Zika menyebabkan microcephaly."

CDC menjelaskan bahwa keputusan itu sudah melalui proses yang panjang dengan mengumpulkan bukti-bukti dari beberapa studi dan telah di evaluasi dengan sangat hati-hati dengan menggunakan kriteria ilmiah.

                                                          images?q=tbn:ANd9GcSksIiEQBQqGJjLkaprXPo

Dr Frieden juga mengatakan: "Penelitian lebih lanjut sedang dilakukan untuk menentukan apakah anak-anak yang lahir dengan kondisi microcephaly dari ibu yang terinfeksi virus Zika adalah sebuah fenomena puncak gunung es dari efek yang dapat merusak pada otak dan masalah perkembangan lainnya."

Comments

Leave a Comment

Your Comment