Fenomena Langka Gerhana Matahari Merkurius Akan Terjadi 09 Mei 2016
Venus melintasi matahari tahun 2012

Indonesianreport.com - Sebuah fenomena luar angkasa yang sangat menakjubkan akan terjadi pada 09 Mei 2016. Planet Merkurius akan terlihat transit di Matahari, fenomena transitnya planet lebih jarang terjadi dibandingkan fenomena gerhana Matahari oleh Bulan.

Rata-rata, ada 13 transit Merkurius dalam setiap satu abad. Pada tahun ini akan terjadi pada 09 Mei dan 10 November. Fenomena ini dapat dilihat di Afrika Barat dan Chili Utara, faktor cuaca sangat berpengaruh dalam melihat lebih jelas fenomena ini.

Sekitar setengah jam, Planet Merkurius akan melintasi tata surya dari timur menuju barat. Ini akan menjadi transit pertama Merkurius sejak terakhir terjadi pada bulan November 2006.

Fenomena ini juga akan terlihat di Eropa, Amerika dan sebagian wilayah Asia. Transitnya Merkurius akan terjadi kembali pada November 2019.

Secara umum, planet terbagi menjadi dua jenis yaitu planet dalam dan planet luar. Planet dalam yaitu yang lintasannya diantara Bumi dan Matahari, yang termasuk planet dalam adalah Merkurius dan Venus. Sedangkan planet luar adalah planet-planet yang lintasannya mengelilingi Matahari lebih jauh dan lebih besar daripada jari-jari lintasan bumi mengelilingi Matahari. Yang tergolong planet luar yaitu Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

Fenomena gerhana Matahari Merkurius terlihat seperti bintik di Matahari. Biasanya Bulan yang menyebabkan gerhana Matahari, namun pada 09 Mei nanti Merkurius yang akan mengambil peran terjadinya gerhana Matahari walaupun ukuran Merkurius akan terlihat sangat kecil.

Comments

Leave a Comment

Your Comment