Asal Usul Istilah Jomblo Yang Sering Diucapkan
Ilustrasi

IndonesianReport.com - Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata "jomblo" yang biasanya sering diucapkan oleh anak muda jaman sekarang. Istilah "jomblo" tidak akan kita temui di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), namun ternyata kata "jomblo" berasal dari kata "jomlo". Kata "jomlo" sendiri berasal dari bahasa percakapan masyarakat sunda yang sudah dibakukan kedalam KBBI.

Entah siapa yang memulai dan kapan kata "jomlo" bermetamorfosis menjadi "jomblo". Yang pasti dalam KBBI arti "jomlo" adalah gadis tua yang belum menikah.

Pada dasarnya sifat bahasa sangat dinamis dapat berubah tanpa ada penjelasan pasti, seperti kata "ibu" yang awalnya untuk menyebut ibu kandung namun sekarang sebutan "ibu" bisa diucapkan untuk wanita lebih tua dan dihormati. Kata "jomlo" yang bermetamorfosis menjadi jomblo hanya menambahkan hurup "B" ditengah kata. Jika dilafalkan, kata "jomblo" sedikit lebih enak didengar dibandingkan "jomlo".

Kata "jomblo" kemungkinan besar tidak akan pernah terdaftar di KBBI karena bahasa Indonesia yang baku di KBBI tidak mengenal penyerapan kata dengan hurup konsonan berjajar tiga-dari kata "jomblo". Hurup konsonan berjajar tiga dalam kata itu adalah "mbl".

Jadi, apabila kata "jomblo" dimasukan kedalam KBBI maka akan kembali menjadi "jomlo" seperti kata asal mulanya.

Seiring berjalannya waktu, makna "jomblo" mulai banyak perubahan dari awalnya hanya wanita tua yang belum menikah, sekarang maknanya semakin luas menjadi lelaki dan wanita dengan tidak terikat usia yang tidak memiliki kekasih bisa mendapatkan julukan jomblo, termasuk Anda.

Comments

Leave a Comment

Your Comment